Profesi IT : Tua - Tua Kelabu

Tidak seperti profesi lain, yang kian berumur kian matang pula di bidang tsb. Di bidang IT, hal tsb tidak berlaku. Mengapa demikian ? Karena perkembangan ICT yang sedemikian pesat akan membuat teknologi cepat pula usangnya. Bila kita mampu menguasai suatu teknologi, tanpa terasa dalam hitungan bulan, apa yang kita kuasai itu akan terasa sudah usang begitu ada teknologi baru yang keluar. Karena itu, ketika kita harus mencari tenaga profesional di bidang IT, bila ada pelamar yang sudah berumur, dengan cepat akan kita singkirkan dari daftar. Mengapa ? Karena bisa dipastikan penguasaan dia akan teknologi pasti sudah kedaluarsa.

Kalau memang demikian, apakah profesi IT sudah tidak menjanjikan lagi ? Tidak juga. Nggak usah jauh-jauh. Orang terkaya di dunia adalah Bill Gates, yang notabene adalah orang IT. Lalu bagaimana cara agar kita tidak mudah tersingkir di dunia IT ?

Ada satu tips yang sudah penulis jalani selama ini. Bila dalam usia 30 tahun anda masih harus berkutat di bidang teknikal, rasanya perlu melakukan refleksi diri apakah dunia IT masih bisa memberikan tumpuan harapan bagi karir anda ke depan. Ingat, dari tahun ke tahun akan selalu ada fresh graduate baru yang siap untuk berkompetisi dengan anda dengan teknologi yang baru pula yang belum tentu anda kuasai. Yang paling kritis, yang mungkin nggak bakal bisa anda saingi adalah mereka mau/ bersedia dibayar lebih murah.
Karena itu ketika kepala 3 sudah membayangi usia anda, mulailah beralih ke manajerial, jangan lagi ke teknikal. Kecuali anda merasa bisa bersaing dengan mereka yang lebih muda dari anda. Persoalannya sampai berapa lama anda sanggup mengejar teknologi ?